Selasa, 26 Juni 2012

TUTORIAL MENULIS

TERKADANG TINTA ITU HARUS KELUAR DARI HATI

(Dunia Menulis)

“Nun. Demi pena dan apa yang mereka tulis…” (Al-Qalam ; 1-2)

          Sebelum menjelaskan segala hal tentang menulis, terlebih dahulu kita harus mencari tahu dan memahami apa tujuan kita menulis, agar kita tidak setengah-setengah melakukannya, agar kita mempunyai ‘pembangkit’ semangat dikala ide enggan hadir di kepala kita, ketika kita merasa bosan, atau ketika kita menganggap tulisan kita tidak pantas dimuat. 

Apa itu? yaitu motivasi menulis.

           Kita harus mencari tau untuk apa kita menulis, bisa jadi kita menulis untuk mencari penghasilan, untuk menyalurkan hobby, atau agar kita mempunyai amal jariah sebagai bekal di akhirat nanti. Pokoknya pilih alasan yang kuat, agar tidak ada yang menghalangi kita untuk menulis, apapun itu. Motivasi inilah yang akan menjadi bahan bakarmu untuk terus menulis. 

Abu Hurairah meriwayatkan dari Rasulullah saw bahwa beliau saw bersabda, “Apabila anak adam meninggal dunia maka terputuslah amalnya kecuali tiga hal : Amal jariah, ilmu yang bermanfaat, anak sholeh yang mendoakannya.” (HR. Muslim) 

“Semua Penulis itu akan mati, maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakanmu di akhirat nanti.” (Ali Ibn Abi Thalib) 

           Satu hal yang tak kalah pentingnya adalah kamauan/keinginan dalam diri kita. Menulis bukanlah masalah kita berbakat atau tidak, tetapi menulis itu masalah kita mau atau tidak. Semua orang bisa menulis, jangan pernah membayangkan bahwa menulis adalah hal yang sulit. 

            Ingat, menulis bukan melulu membahas tema-tema yang berat, tetapi menulis itu ringan, bisa berbagi pengalaman atau ilmu yang ada dalam diri kita. Menulis itu seperti berlibur, maka lakukanlah dengan suka hati. 

Tips-Tips Menulis 

- Cari tema menarik yang diinginkan oleh pembaca.
        Misalkan pembaca karyamu adalah temanmu, maka amatilah mereka, apa tema yang  cocok buat mereka. Agar tulisanmu tidak sekedar bagus, tetapi mengena dalam hati mereka. Yang terpenting dapat membuat perubahan dalam diri temanmu selaku pembaca karyamu itu ke arah yang lebih baik. 

- Buat outline sederhana bagaimana tulisanmu akan dikembangkan. 
         Buatlah coretan di buku catatanmu. Kurang lebih seperti kerangka karangan, tapi outline ini tidak ada ketentuan dalam pembuatannya, artinya kamu bebas berimajinasi untuk mengembangkan tulisanmu. Ini sangat membantu bagi para pemula.

- Ciptakan kesan menggoda pada awal tulisanmu. 
      Gunakan kalimat-kalimat yang jarang dipakai penulis lain. Hindari penggunaan kalimat-kalimat pembuka yang pasaran. Contohnya : Pada suatu hari… Di malam itu.. dan lain-lain. 

- Pakailah kata-kata yang mudah dimengerti oleh pembaca. 
        Terlebih dahulu untuk menyesuaikan gaya tulisan dengan objek tulisan kita. Jika remaja, maka dianjurkan untuk menggunakan bahasa yang komunikatif, permudah bahasan, karena kamu menulis untuk mereka, untuk dibaca dan dipahami oleh mereka. Sederhana dan simple, mengapa mesti dipersulit ?

- Setelah selesai, beri jarak antara dirimu dengan tulisanmu. 
     Maksudnya, tinggalkan tulisanmu yang telah selesai itu, lalu datangi kembali tulisanmu, kali ini dengan kacamata editor. 

- Menulislah dari hati, jujurlah dalam menulis. 
       Kamu bukan menulis agar orang lain tau bahwa kamu berwawasan luas, tapi agar tulisanmu bermanfaat bagi pembaca. 

“Kegigihanmu dalam menyelesaikan tulisanmu yang sudah kamu mulai mencerminkan kegigihanmu dalam menghadapi persoalan kehidupan.” (Asma Nadia) 


Hal-hal yang harus di perhatikan ketika menulis

- Beri judul yang menarik untuk tulisanmu. Salah satu kekuatan sebuah tulisan ada di judul, orang akan tertarik membaca jika judul yang kamu buat sedikit aneh dan tidak biasa.

- Hilangkan ketakutan atau tidak pede dalam mengirim tulisanmu ke media.

- Tinggalkan kesan dalam hati pembaca akibat ending tulisanmu yang mengejutkan.
      Temukan formula ending yang pas, tanpa harus berpanjang-panjang kalimat. Penulis yang berhasil ialah penulis yang meninggalkan gema dihati pembaca kurang lebih 3 menit setelah tulisanmu berakhir. Be creative, please !

- Jangan pernah tidak mengedit tulisanmu.
       Jangan pernah berhenti menulis hanya karena pikiranmu sedang buntu, tidak ada ide, atau bosan dengan cerita. Karena berusahalan untuk terus berbagi walau hanya dengan kata-kata.

“Sebaik-baik manusia ialah yang bermanfaat bagi sesama.” (Rasulullah saw)

    Mari kita pikirkan, jikalau kita meninggal dunia suatu hari nanti, yang bisa mengabadikan nama kita, ialah karya dan kebaikan kita. Salah satunya adalah tulisan kita.
Jadilah sebagian yang abadi tersebut dengan terus menulis, jangan berputus asa , tetap semangat, kamu abadi karena tulisanmu. 

“Di akhirat nanti, tinta-tinta ulama itu akan ditimbang dengan darah orang-orang yang mati syahid. “ 

Nb : Dan yang terakhir, Menulislah, Sebarkan kebaikan untuk sesama !

***

0 komentar:

Posting Komentar